You are here: Home > to be known > 15 moments on February 29th

15 moments on February 29th

masih berkaitan dengan tahun kabisat, walaupun sudah 2 hari berlalu…

tahun 2016 diketahui sebagai tahun kabisat yang ditandai dengan adanya tambahan 1 hari di bulan Februari. 29 Februari pun “dirayakan” setiap 4 tahun sekali. sejumlah kejadian pun pasti terselip secara sengaja ataupun tak sengaja di tanggal ini. 15 peristiwa penting yang terjadi saat tanggal 29 Februari dari berbagai tahun, diantaranya…

 

 

1. petualangan Abel Tasman berlanjut…

pada 1644, Abel Tasman melakukan ekpedisi samudera Pasifiknya yang kedua dimulai. pelaut asal Belanda ini juga yang pertama kali mencapai pulau Tasmania, Australia & Selandia Baru. dirinya juga bekerja untuk VOC, & menghabiskan sisa hidupnya di Batavia (Jakarta), Indonesia.

2. kelahiran dinasti/monarki terakhir di Burma/Myanmar
pada 1752, Raja Alaungpaya mendirikan Konbaung Dinasti. dinasti tersebut merupakan kepemimpian monarki terakhir di Burma atau Myanmar. Konbaung Dinasti akhirnya runtuh pada 1885.

3. Perjanjian Jay (Jay Treaty) 
pada 1796, Amerika Serikat & Inggris membentuk kerjasama bidang perdagangan selama 10 tahun. perjanjian ini ditandatangani di London pada November 1794 & berlaku 2 tahun kemudian.

4. paham konstitusi di Ceko
pada 1920, negara nasional majelis Ceko mengadopsi paham konstitusi yang bertahan sampai saat ini.

5. aktris Afrika-Amerika pertama peraih Academy Award
pada 1940, seorang aktris keturunan Afrika, Hattie McDaniel menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang meraih Academy Award. penghargaan sebagai Best Supporting Actress ini diraih berkat film Gone With The Wind (1939).

6. penghargaan Nobel bagi Ernest Lawrence 
pada 1940, ilmu nuklir asal Amerika, Ernest Lawrence meraih penghargaan nobel dari bidang fisika untuk ciptaannya, cyclotron. Ernest juga dikenal dengan teori pemisah isotop & uranium untuk Manhattan Project.

7. kembalinya Heligoland ke Jerman
pada 1952, pulau Heligoland akhirnya dikembalikan ke otoritas Jerman. sebelumnya Heligoland adalah bagian kekuasaan Denmark dan Inggris.

8. gempa bumi Maroko
pada 1960, pukul 23.40 waktu negara bagian Eropa Timur, sebuah gempa bumi 5.7 SR mengguncang Agadir. kota tersebut memang berada di tepi pantai Maroko yang dekat dengan Samudera Atlantic. dengan durasi hanya 15 detik hampir 15.000 penduduk Maroko meninggal.

9. Korea Selatan menarik diri dari perang Vietnam
pada 1972, Korea Selatan menarik diri dari ikut campurnya dengan Perang Vietnam. Korea menarik lebih dari 300.000 personilnya dari daratan Vietnam. peran Korea Selatan berawal sejak 1964 dengan mendukung pihak sekutu Amerika Serikat & ikut mendukung negara bagian selatan Vietnam.

10. pengakuan anggota parlemen Kanada sebagai gay
pada 1988, dalam sejarah Amerika, untuk pertama kalinya seorang anggota parlemen mengakui diri sebagai gay. anggota parlemen tersebut bernama Svend Robinson. dengan pengakuannya itu justru Svend bertahan lebih lama sebagai anggota, sebelum memutuskan untuk pensiun pada 2004.

11. referendum kemerdekaan Bosnia & Herzegovina
pada 1992, Bosnia & Herzegovina dibuat referendum atau usulan melepas diri dari negara bagian Yugoslavia. akhirnya, Bosnia & Herzegovina berhasil merdeka pada 3 Maret 1992. mereka melepas diri setelah perang saudara yang melibatkan seluruh negara bagian Yugoslavia pada tahun 1970-an.

12. kecelakaan Faucett 251 
pada 1996, sebuah pesawat Boeing 737-200 yang dijadwalkan melakukan penerbangan dalam negeri di Peru mengalami kecelakaan. ketika menuju tujuan pertama, Arequipa, pesawat tersebut mengalami gangguan teknis, selain itu kondisi cuaca yang hujan & malam hari pun memperburuk situasi. akhirnya 123 orang dalam pesawat, dengan 117 penumpang & 6 kru, pun tak terselamatkan.

13. kudeta Presiden Haiti
pada 2004, Presiden Haiti kala itu, Jean-Bertrand Aristide dikudeta & diasingkan. hal tersebut merupakan akhir dari kerusuhan terjadi antara sejumlah kelompok di Haiti akibat terbunuhnya salah satu kepala organisasi di Haiti.

14. Tokyo Skytree selesai dibangun
pada 2012, Tokyo Skytree di Jepang selesai dibangun & langsung dijadikan sebagai tower paling tinggi kedua dunia setelah Burj Khalifa di Uni Emirat Arab. Tokyo Skytree berfungsi sebagai gedung pemancar, restoran, serta lokasi wisata dengan ketinggian 634 meter.

15. Indonesia-Bahrain, 0-10 
pada 2012, dalam kualifikasi grup E Piala Dunia 2014, secara mengejutkan tim nasional Indonesia 0-10 atas Bahrain di Stadium Nasional Bahrain. kekalahan 10 gol tanpa balas ini menggelitik FIFA untuk melakukan investigasi atas pertandingan ini. hal tersebut juga dikarenakan, sebelum pertandingan, Bahrain yang harus mampu menang 9-0 atas Indonesia jika ingin lolos kualifikasi karena beda jumlah gol dengan Qatar. kekalahan ini merupakan kekalahan besar kedua Indonesia setelah kalah dari Denmark 9-0 pada 1974.

ada suka maupun duka terjadi di tanggal 29 Februari ini. namun, kejadian-kejadian itu akan selalu diingat, bukan hanya karena dampak, tapi juga “tanggal cantik” yang jadi waktu terjadinya.

 

related articles :

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

2 Responses to “15 moments on February 29th”

  1. anonymous says:

    I simply want to say I am beginner to weblog and absolutely savored you’re blog. Probably I’m want to bookmark your site . You really have incredible stories. Bless you for revealing your web site.

  2. read review says:

    I just want to tell you that I’m newbie to blogging and site-building and honestly liked this blog. Very likely I’m planning to bookmark your blog . You absolutely come with very good stories. Bless you for sharing with us your blog.

Leave a Reply