You are here: Home > how to? > car wash

car wash

 

image

 

waktunya cuci mobil…!!!

mau mencuci mobil sendiri atau di tempat khusus cuci mobil? kalau menurut saya tergantung kondisi cuaca.

disaat musim hujan, akan lebih baik bila kita mencuci mobil di tempat cuci mobil karena dengan bantuan peralatannya maka bagian bawah mobil yang pasti sangat kotor dapat dicuci bersih. itupun sebaiknya kita sebagai pemilik mobil tidak meninggalkan & mempercayakan sepenuhnya mobil kepada mereka. saya selalu mengawasi kerja mereka karena disaat mereka lelah & lengah, bisa saja mereka menggunakan lap yang kurang bersih untuk mengeringkan mobil kita hingga mengakibatkan beberapa goresan pada cat mobil.

intensitas hujan yang meningkat, membuat banyak pemilik kendaraan berpikir untuk lebih sering mencuci kendaraan terus terlihat bersih. pada musim penghujan sempatkan untuk mencuci mobil maksimal seminggu sekali di rumah, atau bawa kendaraan minimal sekali dalam sebulan ke tempat pencucian mobil. namun, jangan terlalu sering mencuci mobil & sebaliknya jangan membiarkan kendaraan tidak dicuci dalam waktu lama setelah terkena hujan. karena jika mobil terus menerus terkena air maka akan membuat bodi ataupun mesin menjadi lembab. keadaan tersebut membuat karat & jamur singgah di kendaraan kita. air hujan & kotoran yang menempel bisa mengakibatkan oksidasi pada besi, yang menimbulkan karat. serta jamur yang timbul oleh butir air hujan di bodi mobil akan membuat cat terlihat kusam.

sementara itu mencuci mobil menggunakan hidrolik bisa menjadi pilihan pengguna mobil, asalkan saja jangan terlalu sering karena dapat membuat komponen suspensi mobil melemah. pada saat mobil diangkat, sistem suspensi & kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring & balancing dapat berubah. mencuci mobil menggunakan lift hidrolik disarankan maksimal 2 kali dalam sebulan.

terdapat tips mudah yang dapat dipraktekkan agar kendaraan tetap terawat, luangkan waktu untuk sekedar membasahi & mengelap mobil 15 menit setelah mobil kehujanan. pilih sampo mobil yang busanya tidak terlalu banyak karena busa yang banyak justru berdampak buruk untuk warna cat mobil. sampo mobil hanya digunakan jika mobil benar-benar kotor. mencuci mobil menyeluruh sebaiknya hanya dilakukan seminggu sekali. untuk sehari-hari, cukup mengelap body kendaraan yang basah agar tidak lembab.

disaat musim kemarau, saya lebih memilih untuk membersihkan mobil sendiri karena bagian bawah mobil tidak kotor akibat genangan hujan. dengan begitu, saya dapat menghemat dana & waktu ?. tapi tetap harus diingat juga untuk menghemat air, karena di saat musim kemarau yang panjang jangan sampai air terbuang untuk ‘memandikan’ mobil kita tapi kenyataannya banyak saudara kita yang menderita kekeringan air untuk penghidupan mereka.

baik mencuci mobil sendiri ataupun di tempat pencucian mobil, habis cuci mobil jangan langsung ngacir ya… periksa dulu beberapa bagian mobil karena seringkali air terjebak di celah² bodi mobil. bila didiamkan dalam waktu yang lama maka akan menciptakan kerak air yang mengganggu tampilan mobil & dapat membuat masalah di kemudian hari. periksalah bagian² ini…

1. jalur pembuangan air di atap

air suka bertahan di jalur pembuangan air yang mengarah ke kaca depan-belakang, apalagi mobil yang memakai roof rail.

2. sela² pintu mobil

cek pintu itu sendiri & bagian bodi mobil tempat pertemuan dengan pintu. keringkan bagian ini menggunakan kain microfiber.

3. tuas pintu

gerakkan handel pintu & lihat apakah ada lelehan air yang turun. segera seka agar tidak menimbulkan masalah.

4. spion luar

periksa celah antara spion luar dengan bodi mobil & antara cermin dengan kap spion. ketuk pelan² spion agar air yang bersembunyi bisa turun.

5. tutup mesin

celah antara bodi & tutup mesin cukup untuk jalan masuknya air ke dalam. segera seka bagian ini.

6. grill

sembari mengeringkan celah kap mesin, keringkan pula grill depan. masukkan kain lap ke sela² bilah grill untuk memastikan tidak ada air yang bersembunyi.

7. lampu mobil

biasanya ada air yang masih tertinggal di sela² antara lampu depan-belakang dengan bodi mobil. sisipkan sudut kain fiber atau tisu bersih ke dalam celahnya agar sisa air yang tertinggal dapat diserap hingga kering.

8. emblem mobil.

& terakhir yang biasanya suka terlupakan adalah batas pinggiran emblem² pada bodi mobil. saya biasanya menggunakan tisu untuk mengeringkan air & mengkilapkan emblem kembali, karena tisu yang tipis dapat masuk ke sela” sempit & menghisap air yang tertinggal.

 

related articles :

 

Tags: , , , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

Leave a Reply