You are here: Home > how to?, to be known > cuci muka di pagi hari

cuci muka di pagi hari

image

 

aturan mencuci muka di malam hari sudah diketahui banyak orang karena memang sudah seharusnya kita membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas pada kondisi saat ini dimanapun penuh debu & kotoran. tapi bagaimana dengan mencuci muka di pagi hari… apakah perlu? bukankah muka telah bersih sebelum tidur karena kita telah mencuci muka pada malam hari?

kalau menurut saya & seperti kebiasaan yang saya lakukan, jawabannya ya. bila saya akan pergi untuk menjalankan suatu aktivitas diluar rumah, maka saya akan mencuci muka di pagi hari agar wajah tetap bersih setelah bangun tidur & segar sebelum beraktivitas kembali. namun bila saya tidak akan pergi keluar rumah maka saya tetap mencuci muka, namun hanya membasuh muka dengan air bersih saja tanpa menggunakan pembersih wajah, karena selama di rumah saya tidak akan menggunakan make up apapun selain memakai baby powder.

ada 3 manfaat mencuci muka di pagi hari…

  1. membersihkan ‘sampah’ di muka, karena kulit tetap menyerap kotoran² yang ada di sekitar kita selama kita tidur sepanjang malam. oleh sebab itu, muka tetap perlu dibersihkan di pagi hari.
  2. mengurangi minyak di wajah, karena minyak di muka akan terakumulasi selama kita tidur di malam hari. membersihkan muka pagi hari penting agar make up yang kita gunakan dapat diaplikasikan dengan sempurna.
  3. membuat muka lebih lembab, karena kegunaan lain dari mencuci muka di pagi hari adalah membantu hidrasi kulit. hal ini akan membuat kulit kita menjadi lebih lembab sehingga tampak lebih segar.

 

idealnya cuci muka hanya dilakukan sekali sehari saja pada waktu sore/malam setelah selesai beraktivitas di luar rumah atau sebelum tidur, karena cuci muka 2 kali sehari atau lebih sering mencuci muka akan mengakibatkan kulit muka menjadi semakin kering seiring dengan bertambahnya usia kita. cuci muka yang dilakukan dengan benar di malam hari sebenarnya sudah membersihkan seluruh kotoran di wajah, namun karena di pagi hari biasanya kita akan mengaplikasikan make up sebagai penunjang aktivitas kita maka hasilnya akan lebih bagus bila diterapkan pada wajah yang lebih bersih & tidak berminyak setelah cuci muka di pagi hari. untuk itu, maka menurut saya bila memang tidak akan menggunakan make up sebaiknya basuh wajah cukup dengan air bersih saja.

sekedar mengingatkan tulisan saya beberapa hari lalu, it’s my life it’s my daily… gunakanlah air hangat suam² kuku untuk cuci muka di sore/malam hari agar pori² wajah terbuka sehingga produk pembersih wajah yang kita pakai dapat lebih maksimal membersihkan kotoran di wajah kita. ada beberapa saran untuk mengakhiri cuci muka dengan air dingin, tapi saya tidak melakukan hal itu. karena setelah cuci muka di malam hari saya langsung memakai serum perawatan sehingga produk perawatan tersebut dapat lebih meresap pada pori² yang masih terbuka. selain itu, air hangat juga dapat mengurangi rasa lelah setelah seharian kita beraktivitas di luar rumah.

untuk cuci muka di pagi hari, gunakanlah air dingin agar pori² wajah mengecil kembali sehingga kulit terlihat lebih halus, mengurangi minyak wajah, pengaplikasian make up lebih baik & hasil riasan menjadi lebih bagus. air dingin juga membuat kita lebih segar & bersemangat untuk memulai kegiatan kita di luar rumah.

ada beberapa cara cuci muka yang biasa dilakukan. bagi yang biasa memakai produk base make up yang waterproof sebaiknya lebih dulu mengangkat make up nya dengan menggunakan baby oil atau produk pembersih make up yang cocok. kemudian bisa cuci muka dengan pembersih wajah berupa cleansing milk, cleansing gel, facial foam, facial soap atau jenis lainnya. pilihlah produk pembersih wajah yang memang kita rasa paling cocok dengan kulit wajah kita karena kulit wajah setiap orang berbeda kondisinya. karena saya tidak pernah menggunakan produk make up yang ‘berat’ maka saya biasa langsung mencuci muka dengan facial foam & menggunakan facial washing brush. membilasnya juga bisa langsung dengan tangan kita atau dengan saputangan handuk kecil seperti yang biasa saya lakukan. & terakhir mengeringkan muka dengan handuk yang hanya ditekan² ke kulit wajah, jangan digeser² ya! tapi saya lebih suka untuk tidak mengeringkan muka dengan handuk, melainkan membiarkannya kering sendiri. manfaatnya… pada waktu sore/malam hari, ketika saya memakai serum perawatan pada kulit wajah yang masih lembab, maka serum tersebut terasa lebih meresap pada kulit wajah seiring dengan mengeringnya air sisa bilasan cuci muka. sedangkan pada waktu pagi hari, wajah akan terasa lebih segar bila wajah dibiarkan mengering sendiri.

 

jangan lupa, iringi doa kepada TUHAN sang pencipta tubuh kita agar kiranya cuci muka yang kita lakukan dapat membuat kulit wajah kita menjadi lebih baik dari hari ke hari.

btw… sudah cuci muka belum?? cuci muka yuuukkkk….?

 

related articles :

 

Tags: , , , , , , , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

10 Responses to “cuci muka di pagi hari”

  1. AndraZMalo says:

    I am just now not sure the location you are getting the info, however great
    topic. I must spend quite some time learning much more or understanding more.

    Thanks for great info I had been searching for this
    information for my mission.

  2. I just want to say I’m newbie to blogging and site-building and honestly savored this website. Probably I’m planning to bookmark your website . You absolutely have beneficial posts. Thanks a lot for sharing with us your website.

  3. RichKHutsler says:

    I’ll without delay seize your rss feed as I can’t in discovering
    your email subscription hyperlink or newsletter service.
    Do you have any? Please permit me know to ensure that I could subscribe.
    Thanks.

  4. Hi there, I read your blog daily. Your writing
    style is witty, keep up the good work!

  5. SheaUJimeson says:

    Nice answers in exchange of this question with solid arguments and explaining everything about
    that.

  6. Fine way of explaining, and fastidious paragraph to obtain facts on the topic of my presentation focus, which i am going to convey in academy.

  7. Simply want to say your article is as astonishing. The clearness in your
    submit is just cool and that i can assume you’re a professional
    on this subject. Well along with your permission let me to clutch your feed to stay up to
    date with coming near near post. Thank you 1,000,000 and please keep up the
    rewarding work.

  8. quest bars says:

    Thanks a lot for sharing this with all people you actually understand what you are speaking approximately!

    Bookmarked. Kindly also talk over with my site =).
    We could have a link trade contract among us

  9. quest bars says:

    whoah this weblog is magnificent i really like reading your posts.

    Stay up the good work! You understand, a lot of individuals are looking around for this info, you could
    help them greatly.

  10. quest bars says:

    Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I have really enjoyed browsing your blog posts.

    In any case I will be subscribing to your
    rss feed and I hope you write again very soon!

Leave a Reply