You are here: Home > me-myself-mine, to be known > it’s me: a loner

it’s me: a loner

image

seperti sudah saya tulis di beberapa artikel sebelumnya, saya adalah tipe orang yang suka sendiri & merasa nyaman sekali dengan kesendirian saya. saya merasa tidak suka bila terpaksa harus bertemu dengan keluarga atau teman dalam suatu perkumpulan. disaat itulah saya merasa sangat tertekan & tidak nyaman. itulah keadaan saya yang sebenarnya, tapi dalam pandangan kebanyakan orang, saya menjadi seperti orang yang aneh, sombong & bodoh.

sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah psikolog evolusioner dari Singapura & London menemukan bahwa mereka yang cenderung suka menyendiri sebenarnya adalah orang yang cerdas & memiliki IQ di atas rata².

para peneliti menemukan bahwa orang² yang cerdas merasa kesulitan untuk berinteraksi sosial & sekedar basa basi dengan orang² disekitarnya. berdasarkan studi yang melibatkan lebih dari 15000 sampel dimana sampel ini memiliki rentang usia 18-28 tahun, ditemukan bahwa semakin dekat seseorang dengan teman & saudara akan membuat mereka bahagia. tapi, hal ini rupanya tidak berlaku bagi orang² cerdas dengan IQ diatas rata².

orang² yang memiliki IQ di atas rata² justru merasa tertekan saat ia berkumpul & bersosialisasi bersama orang² di sekitarnya. orang² cerdas ini juga mengaku bahwa mereka kesulitan untuk bersosialisasi serta bercengkerama bersama teman²nya. Satosi Kanazawa dari London School of Economics and Political Science & Norman Li dari Singapore Management University menyebutkan jika orang² dengan IQ rata² atau rendah terbukti merasa bahagia saat ia bertemu & bersosialisasi dengan orang banyak.

sementara itu, orang² yang IQ nya di atas rata² terbukti lebih suka menyendiri & tak tertarik bersosialisasi dengan banyak orang. apalagi, jika sosialisasi ini tidak membuatnya merasa diuntungkan. Kanazawa mengatakan, “Orang cerdas & IQ nya tinggi cenderung lebih suka menyendiri. Ia nyaman dengan kehidupannya & nyaman dengan hidupnya. Mereka justru akan merasa tertekan & tidak bahagia saat ia berkumpul bersama orang banyak.”

hhmmm… saya cerdas ??? ??? itu kata para peneliti lho ya… bukan kata saya! yang pasti, semua yang mereka katakan tentang ‘kesendirian’ itu memang ada pada diri saya. Praise the LORD, kalau ternyata ada bonus ‘cerdas’ untuk saya ?

 

image

 

 

related articles…

 

Tags: , , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

Leave a Reply