You are here: Home > how to?, me-myself-mine > it’s my life… it’s my daily

it’s my life… it’s my daily

saya sendiri sebenarnya bingung mau mulai dari mana untuk menulis artikel ini…

semua berawal dari beberapa teman yang mengira kalau saya adalah tipe perempuan yang kegiatannya hanya keluar masuk salon & klinik perawatan kecantikan untuk merawat tubuh dari atas sampai bawah. nah… untuk membuktikan kalau perkiraan mereka itu salah, saya jadi ingin cerita bagaimana sebenarnya keseharian saya. 1 hal penting yang ingin saya katakan, bahwa seumur hidup saya belum pernah melakukan perawatan wajah & tubuh di salon. dulu saya ke salon setiap 6 bulan sekali itupun hanya untuk memotong rambut, namun sudah 4 tahun terakhir ini saya memotong rambut sendiri di rumah karena saya sedang suka membentuk messy top bun, jadi saya merasa tidak perlu untuk memotong rambut saya dengan suatu model tertentu. apalagi yang namanya klinik perawatan kecantikan yang sekarang sedang menjadi trend, belum pernah sekalipun saya datangi. saya menyukai cara perawatan & merias diri yang simpel, karena saya tidak mau waktu saya habis hanya untuk merawat & merias diri, padahal saya juga harus meluangkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan kantor & pekerjaan rumah. ya… saya mengerjakan pekerjaan rumah sendiri dari cuci piring, cuci baju, menyapu, mengepel lantai, berkebun sampai cuci mobil. ketinggalan jaman…?? tidak apa²… 🙂

ok… saya mulai ya cerita rutinitas harian saya supaya teman² percaya kalau saya memang merawat diri saya sendiri di rumah ala kadarnya saja. ala kadarnya…?? ya, karena saya bukan tipe orang yang menginginkan diri saya harus mulus bagaikan boneka barbie dengan kulit porselennya. tidak!!! saya merawat diri sebagai ungkapan syukur kepada SANG PENCIPTA atas keberadaan saya dengan segala kelebihan & kekurangan yang BELIAU ijinkan ada pada diri saya, & supaya saya tampak lebih bersih & lebih baik (bukan sempurna!). makanya saya tidak pernah berusaha menutupi segala kekurangan saya, seperti misalnya shading hidung agar hidung tampak lebih kecil & mancung, shading pipi agar pipi tembem saya tampak lebih tirus, concealer untuk menutupi noda di wajah ataupun risau dengan bekas luka pada kulit badan. saya bukan penganut flawless make up style karena menurut saya kulit wajah yang sehat alami pasti tetap ada beberapa freckles. & ternyata saat ini model freckle face mulai menjadi trend. saya juga tidak berusaha untuk mengecat rambut walaupun sudah mulai muncul beberapa rambut kelabu di kepala. saya tidak malu & berusaha untuk menyembunyikan segala kekurangan yang ada pada diri saya. I am not perfect, but I am always myself.image

 

rambut

seperti sudah saya sampaikan tadi kalau 4 tahun terakhir saya memotong rambut sendiri di rumah karena saya merasa tidak perlu membentuk rambut dengan suatu model tertentu. saat ini saya selalu membentuk rambut saya dengan messy top bun, selain karena suhu udara yang semakin panas, juga tidak memerlukan waktu yang banyak untuk membentuk top bun.

saya mencuci rambut 3 kali seminggu dengan menggunakan air dingin & 2 merek shampoo ini secara bergantian, Petal fresh organics volumizing & Follow Me hair volumizer. saya memilih jenis shampoo untuk volumizing hair karena batang rambut saya yang tipis.

beberapa bulan lalu, saya juga mengalami kerontokan rambut. saya sudah mencoba mengatasi dengan pemakaian hair tonic dari beberapa merek & juga perawatan dengan lidah buaya, namun semua hasilnya tidak maksimal. sampai akhirnya saya mencoba memakai air cucian beras sebagai bilasan terakhir pada waktu mencuci rambut. setelah 3 bulan, kerontokan rambut saya jauh berkurang & kulit kepala yang tadinya sudah sempat terlihat, sekarang kembali tertutup rambut. sebagai bonus, ternyata air cucian beras juga membantu jumlah uban tidak bertambah banyak. walaupun saya suka dengan 2 tones hair styles alias rambut 2 warna, tapi bila jumlah uban tidak terlampau banyak tentunya akan terlihat lebih baik ?.

sebulan sekali, saya juga biasa memakai air rebusan kulit kentang untuk membilas rambut yang sedang dalam keadaan bersih. lalu saya biarkan sampai mengering, atau bisa juga dibilas dengan air bersih. hasilnya… dalam sekejap jumlah uban akan berkurang. caranya, rebus 2 genggam kulit kentang dengan 2 gelas air ±15-30 menit lalu air yang telah disaring didinginkan & langsung digunakan untuk membilas rambut.

 

tips:

air cucian beras yang digunakan adalah hasil mencuci beras yang pertama & kedua kali saja, sehingga akan didapat air cucian beras yang putih & kental. cara pemakaiannya ada 2, bisa tanpa dibilas lagi atau bila akan dibilas lagi dengan air bersih maka diamkan dulu beberapa saat. saya melakukan cara yang pertama, karena air cucian beras yang tidak dibilas lagi, selain kandungan vitamin B12 mengendap di kulit kepala, juga dapat berfungsi sebagai hair spray alami karena membuat rambut sedikit kaku, sehingga saya lebih mudah membentuk top bun & model rambut dapat bertahan lama. jadi saya dapat menghemat uang karena tidak perlu membeli hair spray lagi ?

 

badan

untuk perawatan…

  • saya selalu mandi dengan menggunakan air dingin, kecuali disaat sedang sakit saya mandi dengan air hangat. saya memiliki kulit badan yang sangat kering & hanya cocok dengan sabun mandi Leivy Naturally shower cream.
  • saya tidak pernah melakukan scrubing ataupun luluran karena akan membuat kulit saya semakin kering & terasa sakit.
  • setelah mandi biasanya saya memakai Rexona spray shower clean atau powder dry untuk meminimalisir keringat.
  • terakhir, memakai Leivy Naturally hand & body lotion atau Jergens skin firming untuk melembabkan kulit.
  • saya juga suka mengkonsumsi semangka, tapi tidak hanya buahnya yang berwarna merah atau kuning, melainkan juga sampai ke bagian kulitnya yang berwarna putih. selain menyegarkan, bagian kulit semangka dapat mencerahkan warna kulit kita secara alami.
  • selain kulit semangka, saya juga membiasakan diri untuk minum banyak air putih sebelum tidur & yang lebih penting lagi pada waktu bangun tidur di pagi hari.
  • saya sangat bersyukur karena kulit di sepanjang kaki saya tidak berbulu, jadi saya tidak perlu melakukan waxing atau perawatan cabut bulu yang katanya menyakitkan ??.

 

tips:

lebih baik bila sebelum tidur malam menggunakan hand & body lotion lagi, karena setelah jam 6 sore tubuh kita melakukan regenerasi & hasil dari pemakaian lotion akan menjadi lebih efektif.

 

wajah

kalau kulit badan saya kering, sebaliknya kulit wajah saya berminyak. untuk perawatan wajah…

  • saya mencuci muka 2 kali sehari, pada waktu malam setelah semua kegiatan selesai dengan menggunakan air hangat & pagi hari sebelum beraktivitas dengan menggunakan air dingin. saya mencuci muka dengan Pond’s pure white deep cleansing & memakai facial cleansing brush.
  • setelah mencuci muka malam hari, saya selalu menggunakan Olay micro sculpting serum untuk muka & Olay revitalising eye serum untuk sekitar mata.
  • sebelum tidur, saya tidak pernah lupa untuk memakai Fresh Sugar lip treatment balm dalam beberapa rasa untuk melembabkan bibir.
  • setiap pagi, saya menggosok gigi. lidah & bibir dengan Pepsodent expert protection original memakai sikat gigi Pepsodent sensitive soft. selain untuk membersihkan gigi & lidah, keduanya sangat membantu untuk pengelupasan kulit bibir yang kering tanpa rasa sakit ataupun berdarah setelah semalaman menggunakan Fresh Sugar lip treatment.
  • setiap hari senin, saya melakukan peeling dengan menggunakan Mustika Ratu mundisari.
  • setiap hari rabu, saya membersihkan komedo dengan Biore pore pack cleansing strips.
  • & setiap hari jumat, memakai masker wajah yang saya buat sendiri dengan mencampurkan 2 sdm cocoa powder + 1 sdm madu + 1½ sdm santan kelapa kental. lalu didiamkan pada wajah selama 45 menit. (sdm = tbsp)
  • untuk menyembuhkan jerawat, saya cukup mengoleskan Cindala keluaran Kimia Farma.

 

tips:

  1. air cucian beras tidak hanya bagus untuk perawatan rambut tapi juga bisa dipakai untuk merawat kulit muka. caranya dengan merendam beras semalam & besoknya airnya bisa dipakai untuk mencuci muka agar kulit muka lebih cerah & mengurangi kerutan.
  2. untuk menghemat dana & mencegah bertumpuknya cream perawatan pada kulit wajah, sebaiknya pilih cream perawatan jenis serum, karena kandungan yang terdapat pada serum beberapa kali lipat dari cream perawatan biasa. jadi tidak perlu beberapa jenis cream, cukup dengan hanya 1 jenis saja, yaitu serum.
  3. wajar bila kita tidak dapat langsung menemukan cream perawatan yang cocok dengan kulit wajah kita. biasanya kita akan melewati beberapa kali proses ‘beli & coba’. jangan buang cream perawatan yang sudah kita beli tapi tidak terpakai. gunakan cream tersebut pada tangan kita, karena selain kulit wajah & leher, kulit tangan juga memerlukan perawatan anti aging.
  4. saya juga biasa memakai eye cream tidak hanya pada daerah sekitar mata tapi juga pada smile line. cara ini sangat membantu untuk menyamarkan garis senyum yang terkadang terlihat sangat dalam.
  5. walaupun jadwal melakukan peeling & masker sekali seminggu, tapi saya tidak melakukannya sekaligus pada saat yang bersamaan. selain tidak memakan waktu yang lama sehingga kita bisa lebih cepat beristirahat, kulit wajah kita juga akan lebih maksimal menerima masing” perawatan tersebut. hari sabtu & minggu, saya biasakan untuk tidak memakai krim perawatan apapun agar kulit wajah dapat beristirahat total.

 

seperti halnya perawatan, untuk riasan wajahpun saya tidak direpotkan dengan berbagai pernak pernik dalam jumlah banyak. selain saya memang tidak mahir dalam merias wajah, dana yang terbatas pun menjadi alasannya ?

  • bila tidak ada kegiatan diluar rumah, untuk sehari² saya hanya menggunakan Johnson’s baby powder & Fresh Sugar lip treatment cherry.
  • untuk kegiatan² ringan biasanya saya memoles bibir dengan Sephora cushion matte lip cream karena formulanya yang ringan & mengandung shea butter sehingga tetap merawat bibir.
  • sedangkan untuk beraktivitas di luar rumah, terkadang saya awali merias wajah dengan pemakaian Benefit dr. feelgood balm untuk mengecilkan pori² di daerah hidung sehingga dapat mengurangi minyak yang berlebih. kemudian saya pakai Johnson’s baby powder tipis saja untuk menyerap minyak di daerah yang tidak menggunakan Benefit.
  • lalu dilanjutkan dengan memakai Chanel perfection lumière extrême.
  • setelah itu, saya merapikan alis dengan Anna Sui eyebrow powder untuk merapikan & meratakan warna alis. saya dikaruniai alis yang sudah cukup tebal & lebar, jadi saya tidak perlu repot untuk melukis alis apalagi sampai melakukan sulam alis yang sedang menjadi trend saat ini.
  • kemudian saya membubuhkan sedikit The Balm instain long-wearing powder staining blush on. kalau pada umumnya, pemakaian blush on dengan menggunakan kuas namun saya lebih suka mengaplikasikan dengan spons bedak powder.
  • terakhir & wajib hukumnya adalah memakai lipcolor. karena saya memiliki bentuk bibir yang penuh, maka saya lebih menyukai lipcolor jenis matte daripada glossy agar bibir saya tidak terkesan semakin penuh. selain itu, jenis matte juga lebih tahan lama dibandingkan glossy. setelah mencoba beberapa merek & warna, saya akhirnya mempunyai 16 lip color ?? yang terdiri dari 6 warna bold dari Giorgio Armani, NARS, BorjouisYSL, Guerlain & Sephora, 5 warna soft dari Marc Jacobs, Lime Crime, Chanel, Kat von D & Sephora, 5 warna nude dari Dior, Giorgio Armani, Borjouis, Sephora & Anna Sui. 13 diantaranya menjadi lip color favorit saya.
  • untuk touch up saat di luar rumah, saya memakai Chanel poudre purète perfection.

 

tips:

  1. bila ingin memakai lip color berwarna merah untuk kegiatan sehari² sebaiknya tidak perlu memakai blush on, atau dapat memakai blush on tipis² saja sewaktu akan menghadiri acara formal. sebaliknya bila memakai lip color warna lembut, lebih baik menggunakan blush on.
  2. pilihan lip color warna merah atau warna² bold lainnya dengan jenis matte atau velvet akan lebih baik daripada jenis glossy, karena selain untuk meredam warna merah itu sendiri juga agar tidak terkesan seperti cat merah yang tumpah dari wadahnya atau drakula yang baru meminum darah segar ?? . sebaliknya untuk lip color warna lembut akan lebih baik bila memilih jenis velvet atau glossy.
  3. terkadang bila ingin memakai lip color warna muda, biasanya sulit mendapatkan hasil yang bagus. untuk itu, saya biasa mengaplikasikan lip liner warna nude keluaran NYX atau Revlon terlebih dahulu pada seluruh bibir, bukan hanya di garis batas bibir, baru kemudian menggunakan lip color warna muda.
  4. pilih warna lip color yang sesuai dengan warna kulit wajah sehingga membuat wajah kita terlihat segar & ceria. jangan terpaku pada suatu warna karena warna tersebut sedang trend atau bestseller, tapi tidak cocok sewaktu dipakai & memberi kesan kusam seakan kita belum mandi atau sedang bersedih hati.
  5. pilihlah warna yang unik dari setiap merek yang dipilih, karena biasanya setiap merek mempunyai sebuah warna yang dijagokan yang tidak terdapat pada merek lain. itupun bila kita menyukai warna tersebut & memang cocok dengan kulit kita.

 

kuku

dulu saya senang mewarnai kuku saya dengan warna² nude yang lembut, ya… sesuai dengan usia waktu itu. namun selama beberapa tahun terakhir, karena cukup banyak pekerjaan kantor yang harus diselesaikan sehingga saya tidak sempat untuk merawat kuku selain memotong & membersihkan kuku saja. sekarang, saya mulai tertarik lagi untuk memberi warna kuku tapi dengan warna² yang lebih terang, yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. & I really like the colors I’ve choosen!

bila saya ingin menggunakan warna lembut, maka pilihan saya adalah O.P.I. Java Mauve-a yang saya tambah dengan glitter You Pink Too Much hanya pada jari manis.image

namun bila saya ingin warna bold, pilihan saya tidak jauh² dari warna kesukaaan saya, merah! ada 4 warna merah favorit saya dari O.P.I. yaitu Dutch Tulips, Big Apple Red, Danke Shiny Red & All I Want For Christmas (is OPI). sebagai variasi, pada jari manis biasanya saya tambahkan glitter O.P.I. ds bold atau NYX roots.image

 

& sebagai sentuhan akhir saya selalu memakai O.P.I. top coat agar tampak mengkilap.

 

tips:

  1. pilih warna cat kuku yang sesuai dengan warna kulit agar hasil akhirnya bagus dipandang mata.
  2. untuk mendapatkan hasil warna yang sempurna & rata, maka aplikasikan 2 kali pulasan & lakukan di tempat yang terang pencahayaannya tapi jangan di luar ruangan karena udara luar membuat cat kuku dalam botol menjadi lebih cepat kental sehingga kurang bagus hasil pemakaiannya.
  3. untuk teman² yang mengerjakan pekerjaan rumah sendiri seperti saya, sebaiknya selalu menggunakan sarung tangan agar cat kuku lebih tahan lama & kulit tangan tidak kering.
  4. agar tampilan tetap rapi, gantilah cat kuku sebelum banyak yang terkelupas. ganti cat kuku tangan seminggu sekali & beri waktu 1 hari untuk kuku ‘bernafas’ tanpa cat. sedangkan cat kuku kaki dapat diganti setiap 3 minggu & beri waktu 1 minggu untuk kuku berisitirahat.
  5. bila ingin mengganti cat kuku, sebaiknya dilakukan setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah yang agak berat, seperti berkebun atau mencuci mobil. jangan dibalik, baru selesai mengecat kuku, lalu mengerjakan pekerjaan berat ?

 

nah, itu semua perawatan diri yang saya lakukan sendiri di rumah. benar kan semuanya simpel? kalau kita bisa lakukan sendiri, kenapa tidak kita kerjakan sendiri? dengan begitu kita bisa menghemat dana & waktu. semoga bermanfaat…

 

image

catatan:

semua merek produk yang saya gunakan ini bukan berarti sebagai merek² terbaik yang ada di pasaran, melainkan produk² yang cocok dengan kondisi tubuh & selera saya. makanya pada tulisan saya ini tidak memberikan review untuk produk² tersebut, tapi pada tulisan berikutnya saya akan review beberapa produk tersebut ya… begitu pula dengan cara perawatan yang saya lakukan bukan berarti sebagai cara yang paling benar, melainkan cara yang saya rasa paling nyaman untuk diri saya. semua ini saya ceritakan sebagai masukan yang mungkin cocok untuk teman² & juga sebagai pembuktian bahwa saya melakukan sendiri perawatan untuk diri saya sendiri, bukan dengan cara ‘keluar-masuk’ salon ataupun klinik perawatan kecantikan. hemat dana, hemat waktu… ?

 

related articles :

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

33 Responses to “it’s my life… it’s my daily”

  1. Major thanks for the post.Thanks Again. Great.

  2. I am so grateful for your blog post.Thanks Again. Fantastic.

  3. Nike tn says:

    There is visibly a lot to realize about this. I assume you made various nice points in features also.

  4. It’s in point of fact a great and helpful piece of information.

  5. fasting says:

    Generally I do not read post on blogs, but I wish to say that this write-up very compelled me to take a look at and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very nice article.

  6. Really informative blog post.Really looking forward to read more. Really Great.

  7. LibbyXHorvat says:

    Your thing is actually unique in comparison with other
    people I have read stuff from. Thanks for posting when you have
    the chance, Guess I am going to just bookmark this web site.

  8. I appreciate you sharing this post.Much thanks again. Want more.

  9. vape says:

    Currently it appears like BlogEngine is the best blogging platform out there right now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  10. Hi! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be ok. I’m absolutely enjoying your blog and look forward to new updates.

  11. I am so grateful for your article post.Thanks Again. Keep writing.

  12. Fantastic blog.Really looking forward to read more. Cool.

  13. Why people still use to read news papers when in this technological globe the whole thing is accessible on net?

  14. I simply want to tell you that I’m beginner to blogs and absolutely loved you’re blog site. Most likely I’m likely to bookmark your site . You surely come with awesome article content. Thanks a bunch for sharing your website page.

  15. I’m not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for excellent information I was looking for this info for my mission.

  16. Hey, thanks for the blog article.Much thanks again. Cool.

  17. Thanks again for the article.Much thanks again. Will read on…

  18. iPhone cases says:

    This is one awesome blog article.Much thanks again. Awesome.

  19. Thanks for sharing, this is a fantastic blog post.Much thanks again. Fantastic.

  20. Home Page says:

    Wow! This could be one particular of the most useful blogs We’ve ever arrive across on this subject. Actually Wonderful. I am also an expert in this topic so I can understand your effort.

  21. What’s up to every single one, it’s truly a pleasant for me to go to see this web page, it consists of helpful Information.

  22. At this time it sounds like BlogEngine is the best blogging platform available right now. (from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?

  23. JohnnaIRogge says:

    Aw, this was a really good post. Taking the time
    and actual effort to create a really good article but what can I say I procrastinate a
    whole lot and never seem to get nearly anything done.

  24. When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox
    and now each time a comment is added I get several emails with the same comment.
    Is there any way you can remove me from that service?
    Many thanks!

  25. eebest8 says:

    Informative article, totally what I wanted to find.

  26. IvetteIFavre says:

    Appreciate this post. Allow me to try it out.

  27. It’s actually a nice and helpful piece of info. I am satisfied that you simply shared this helpful
    information with us. Please keep us up to date like this.

    Thank you for sharing.

  28. Having read this I believed it was very enlightening. I appreciate you taking the time and energy to put this informative article
    together. I once again find myself personally spending a lot of time both reading and leaving
    comments. But so what, it was still worthwhile!

  29. quest bars says:

    I am sure this paragraph has touched all the internet people, its really really good article on building up new weblog.

  30. quest bars says:

    Hello very cool website!! Guy .. Excellent .. Superb ..

    I’ll bookmark your site and take the feeds additionally?

    I am satisfied to find so many helpful info right here within the submit, we need work out more techniques in this regard, thanks for sharing.

    . . . . .

  31. quest bars says:

    Asking questions are in fact good thing if you are not understanding
    anything totally, however this article provides pleasant understanding yet.

  32. quest bars says:

    I’m truly enjoying the design and layout of your site.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to
    come here and visit more often. Did you hire out a
    designer to create your theme? Excellent work!

Leave a Reply