You are here: Home > wise word > next generation

next generation

selamat hari pendidikan nasional!

tidak hanya selamat bagi para kaum pengajar, bapak ibu guru serta dosen, tapi juga selamat bagi kaum pelajar & mahasiswa. kiranya kita tidak hanya menganggap bahwa proses pendidikan hanya ada di lingkungan sekolah & kampus, sehingga baik-buruk, gagal-berhasilnya anak didik menjadi 100% tanggung jawab para pengajar. proses belajar terjadi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. dengan kata lain bahwa proses belajar terjadi sepanjang hidup. jadi dalam hal ini orang tua, seluruh keluarga & lingkungan terdekat juga ikut bertanggung jawab atas pendidikan anak.

kalau ada seorang anak yang bertanya kenapa dia harus sekolah & belajar terus menerus? ya… karena pendidikan mempunyai pengaruh yang amat besar dalam kehidupan kita, baik dalam perilaku, pola pikir kita & juga pekerjaan yang akan dipilih.

 

kali ini saya ingin mengutip ajakan Najwa Sihab, yang menurut saya amat baik untuk direnungkan & kemudian diterapkan oleh generasi masa depan. saya sangat setuju sekali dengan pendapat Najwa, bahkan bukan baru sekarang saja, tapi sudah dari beberapa tahun lalu karena saya sangat gemas melihat generasi adik² saya yang sangat mengandalkan pekerjaan² yang disebut Najwa berikut ini…

 

Inilah zaman dimana saya tidak mendidik anak-anak saya untuk menjadi seperti doktrin orang tua dulu Serasi Rasa.

Adik-adik remaja sekalian, jika kalian masih bercita-cita jadi pns, biar besok2 hidup terjamin sampai tua, maka itu cita-cita generasi lama sekali, orang tua kita dulu, SMA angkatan 70-80 mungkin masih begitu.

Jika kalian bercita-cita jadi karyawan BUMN, biar gaji bagus, pensiun ada, besar pula, maka itu juga generasi lama, paman-paman, tante-tante kita dulu, SMA angkatan 90-an, itu cita-citanya.

Jika kalian bercita-cita jadi karyawan multi nasional company, perusahaan swasta besar, biar bisa tugas di luar negeri, tunjangan dollar, itu juga cita-cita kakak-kakak kita dulu, yang SMA angkatan 2000-an.

Kalian adalah generasi berbeda. Kalian adalah SMP, SMA atau kuliah di tahun 2010 ke atas. Seharusnya kalian tidak bercita-cita seperti itu lagi. Kalian adalah warga negara dunia, tersambung dengan seluruh sudut dunia.

Apa cita-cita kalian?

Jadilah pekerja kreatif, wiraswasta, profesi pekerjaan bebas, dan pekerjaan2 yang menakjubkan lainnya. Kalian menonton film seperti Iron Man, Avengers, Minion, maka besok2 giliran film kalian yang ditonton orang.

Kalian jadi konsumen Burger King, KFC, dll. maka besok-besok giliran orang lain yang jadi konsumen franchise milik kalian. Hari ini kalian memakai baju, pakaian buatan orang lain, besok-besok giliran orang lain yang pakai baju kalian.

Hari ini kalian berobat ke rumah sakit, besok2 giliran orang yang berobat di klinik dengan sistem dan cara berbeda milik kalian.

Itulah dunia kalian. Masa depan. Jangan mau hanya jadi pengikut, follower, tapi berdiri di depan, giliran orang lain yang mengikuti dan mendengarkan trend yg kita buat. Maka bila saat itu tiba, kita bisa benar2 bilang: Merdeka!

Ayolah, lupakan sejenak bekerja jadi PNS, karyawan BUMN, atau karyawan swasta, masuk pagi, pulang malam, 30-40 tahun bekerja, pensiun. Itu sudah terlalu banyak orang yang melakukannya, masa’ kita akan ikut jalan serupa, saatnya kalian memulai jalan berbeda.

Jangan takut dengan kegagalan, jangan takut dengan tidak punya pekerjaan, menganggur, dll, dll. Sepanjang kita memang sungguh2, tahan banting, kita bisa menjadi yang terbaik di bidang yang kita geluti.

Setinggi apapun jabatan kalian, jika masih PNS, karyawan BUMN, karyawan swasta, maka sejati tetap saja suruhan orang lain. Punya atasan, dan hidup kita laksana siklus dari bulan ke bulan, gajian ke gajian.

Asyik duduk di belakang meja, lamat-lamat menatap media sosial, komen ini, komen itu, dan sebagainya, dan sebagainya. Tapi tetap saja begitu-begitu saja hidup kita.

Tidak, adik-adik sekalian, hidup kalian bisa lebih berwarna. Kalian bisa jadi apa saja.

Jangan buat sempit cita-cita, mimpi-mimpi kalian. Generasi kalian seharusnya tidak terikat waktu, tidak korupsi waktu, sebaliknya, kalian bebas dan fleksibel menentukan jam kerja sendiri.

Yakinlah besok lusa, karya kalian akan menaklukkan kota-kota jauh, bahkan negara-negara jauh. Besok lusa, profesi kalian akan memiliki reputasi hingga pulau-pulau seberang, benua-benua luar.

Kalian bukan lagi generasi yang bahkan naik pesawat saja mahal dan susah. Atau mau berkirim kabar harus memakai telegram dan pager. Sambutlah masa depan kalian yang gemilang.

Jadilah pekerja kreatif, wiraswasta, profesi2 penuh passion dan suka-cita. Itulah panggilan generasi kalian. Dan saat kalian bisa menggapainya, kalian bisa berteriak sekencang mungkin: Merdeka! Karena hidup kalian sungguh sudah merdeka.

Mulailah dari sekarang, remaja. Cari hobi dan aktivitas bermanfaat. Tekuni. Besok-besok kalian menjadi master di bidang tersebut.

Maka kita tidak lagi bicara tentang besok pagi2 berangkat kerja, sore2 pulang nanti macet, aduh, besok sudah Senin lagi, melainkan bicara: besok saya akan menginspirasi siapa, nanti sore saya akan mengubah apa, dan besok Senin saya akan meluncurkan karya apa lagi.

 

 

semoga ajakan Najwa Sihab ini dapat menginspirasi generasi sekarang & yang akan datang untuk mau menjadi raja di kerajaannya sendiri walaupun kerajaan kecil, dibanding menjadi prajurit di kerajaan besar milik orang lain.

 

 

Tags: , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

Leave a Reply