You are here: Home > go green, me-myself-mine > suplir jaman now

suplir jaman now

nah… sekarang saya cerita kelompok suplir yang terakhir. kelompok yang lagi ngehits saat ini, bukan hanya jenis suplir tapi jenis tanaman lain juga, yaitu kelompok suplir variegata yang lagi kekinian banget 😁.

sebelumnya kita samakan persepsi tentang variegata dulu ya…

pengertian dari variegata itu sendiri adalah, daun/pohon/bunga yang merupakan bagian dari tanaman yang memiliki perbedaan warna dengan warna aslinya. pada umumnya terletak berdampingan dalam satu bagian tubuh tanaman. dalam kenyataan di lapangan, variegata mengekspresikan bagian tanaman berupa belang atau bercak dengan warna berbeda. bentuknya unik & bisa digabungkan dengan tanaman lain. berbagai jenis tanaman, bisa menjadi variegata, seperti sansivera, jenis tanaman karet, philodendron, bromelia, musacae & masih banyak yang lain, termasuk suplir. jadi yang namanya tanaman variegata itu tidak hanya berwarna hijau-putih saja seperti yang saat ini banyak ditemukan, tapi bisa hijau-kuning, hijau-pink atau warna” lainnya.

pada kelompok suplir variegata, warna belangnya adalah hijau & putih. di kelompok ini saya baru mempunyai 4 jenis…

 

1. suplir glass glow kiss

jenis suplir ini sangat cantik sekali & paling terlihat variegatanya. bentuk daunnya mirip dengan suplir kupu, bentuk batang yang besar kokoh & bercak putih yang tampak jelas pada daunnya 👍

 

2. suplir snow white

suplir ini sebenarnya juga cantik & imut, dengan bentuk daun seperti kipas & bercak putih pada pangkalnya. namun karena batangnya sangat tipis jadi mudah patah.

 

3. suplir kepik variegata

suplir ini bentuknya persis seperti suplir kepik di kelompok suplir daun membulat. tumbuh bertumpuk” & bercak putih hanya terdapat pada beberapa daun saja, jadi tidak semua daunnya berbecak putih. ini contoh tanaman variegata yang tumbuh bersama dengan tanaman aslinya.

 

4. suplir belimbing variegata

suplir yang terakhir ini juga berbentuk persis dengan suplir belimbing di kelompok suplir berdaun besar. batangnya besar kokoh tumbuh ke atas & bercak putih yang timbul seperti bercak bekas siraman air yang mengering. lucu… karena kadang bingung membedakan apakah itu bercak variegata atau tetesan air yang mengering 😄.

 

 

akhirnya saya sudah cerita semua kelompok suplir yang berhasil saya selamatkan, itupun belum rimbun banget, selain memang pertumbuhan suplir yang lambat juga sering dijadikan mainan oleh kucing” saya karena melihat daun suplir yang melambai tertiup angin 😩.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ⓔⓢⓣⓘⓐⓝⓣⓘ.ⓟⓤⓢⓟⓘⓣⓐ.ⓓⓔⓦⓘ

Leave a Reply